» » » Wow! Peneliti Temukan Cairan Mani Lebah Mampu Lawan Fungi Penyakit

Wow! Peneliti Temukan Cairan Mani Lebah Mampu Lawan Fungi Penyakit

Minggu, 24 Januari 2016

Jakarta, Madu adalah salah satu agen antibiotik kuat yang dihasilkan oleh lebah dan sudah terbukti manfaatnya. Namun tahukah Anda bahwa selain madu ada hal lain dari lebah yang juga berpotensi bisa melawan penyakit.

Peneliti di Centre for Integrative Bee Research (CIBR), University of Western Australia, menemukan bahwa cairan air mani dari lebah pria memiliki sifat yang bisa menghancurkan patogen fungi Nosema apis. Penyakit ini hanya menyerang lebah dan ketika dibiarkan bisa menyebar, membunuh seluruh koloni membuat para petani merugi.

Nosema apis disebut juga sebagai penyebab mulai berkurangnya populasi lebah dunia, membuat peneliti khawatir lebah akan punah. Setidaknya petani lebah di satu daerah bisa kehilangan 80-90 persen koloninya dalam sebuah fenomena bernama colony collapse disorder.

Dr Boris Baer dari CIBR mengatakan pada studi namun terbukti bahwa lebah sebetulnya punya sistem pertahanan sendiri untuk fungi penyakit, yaitu cairan mani. Hanya saja kemungkinan karena faktor cuaca, penggunaan pestisida sembarangan, dan nutrisi yang buruk membuat koloni tak mampu melawan.

"Yang menarik untuk saya dalam studi ini adalah bahwa lebah bisa melawan. Mereka punya sistem imun aktif yang bisa dipakai untuk mengendalikan infeksi," kata Baer seperti dikutip dari ABC Online pada Senin (25/1/2016).

Dalam laporan studi di jurnal Proceedings of the Royal Society B, studi dilakukan dengan peneliti memanen cairan mani dari sekitar 200 lebah jantan. Para lebah ditempatkan dalam wadah dan diberi stimulasi untuk ejakulasi dengan gas kloroform.

Cairan mani lalu dipertemukan dengan sampel patogen dan dalam waktu lima menit terlihat sebagian besar fungi mati. Namun ketika dicoba ke bakteri penyebab penyakit lain tak ada efeknya, hal ini menurut Baer kemungkinan menunjukkan sifat antibiotik air mani lebah spesifik untuk fungi.

Kedepannya Baer mengatakan ada banyak hal yang bisa diterapkan dari temuan. Kemungkinan besar adalah penggunaan air mani lebah sebagai pestisida alami yang ramah lingkungan.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya